Kamis, 25 Oktober 2012

Tulisan Ilmiah


BAB I
PEMBAHASAN


Tulisan ilmiah adalah tulisan yang menyajikan pengetahuan tentang kebenaran, dalam arti pengetahuan yang sesuai dengan objeknya (objektif). Hingga saat ini, yang paling mungkin mengutarakan pengetahuan yang benar seperti yang dimaksudkan itu tiada lain adalah kegiatan penelitian.


BAB II
PEMBAHASAN

Pengertian Tulisan Ilmiah

Tulisan ilmiah adalah tulisan yang menyajikan pengetahuan tentang kebenaran, dalam arti pengetahuan yang sesuai dengan objeknya (objektif). Hingga saat ini, yang paling mungkin mengutarakan pengetahuan yang benar seperti yang dimaksudkan itu tiada lain adalah kegiatan penelitian. Dengan begitu, dapatlah dirumuskan bahwa tulisan ilmiah adalah tulisan yang disusun berdasarkan kegiatan penelitian.

Sebagai sebuah studi, kegiatan penelitian bertujuan menjelaskan mengapa sesuatu itu menggejala seperti itu, mengapa harus begitu. Sebuah penelitian, melalui kesimpulan-kesimpulan yang diperolehnya akan memperkokoh kebenaran-kebenaran melalui fakta-fakta yang dikumpulkan, dikiasifikasi, dan dikaji secara cermat.

Berdasarkan tujuannya, (Baca: Nawawi.1991:30) penelitian dapat ditentukan jenis-jenisnya.

1. Penelitian Murni (Pure Research atau Basic Research). Penelitian ini bertujuan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan secara teoretis. Peneliti memperoleh ilmu baru yang disebarluaskan kepada masyarakat. Misalnya, berdasarkan penelitian yang berlangsung hampir selama dua dekade tentang kehidupan sejenis cacing (coenorhobdits elegans) oleh tiga orang ahli biologi dari Universitas Harvard dan Cambridge, pintu untuk menemukan obat penangkal AIDS dan kanker terbuka lebar. Karena ditemukannya pengetahuan baru yang bermanfaat bagi kehidupan manusia di muka bumi ini, ketiga orang ahli biologi itu memperoleh hadiah Nobel.

2. Penelitian Terapan (App/aid Research). Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan cara-cara mengatasi persoalan yang berkembang di masyarakat. Untuk itu, maka berdasarkan teori yang ada (aplikasi teori), peneliti berusaha menemukan kelemahan-kelemahan atau penyimpangan-penyimpangan yang terjadi di kalangan masyarakat dan atau di kalangan pemerintah. Berdasarkan temuan-temuan itu maka dirumuskanlah alternatif-aiternatif pemecahannya.

Misalnya penelitian tentang lumpur lapindo, lumpur yang tiba-tiba keluar dari bumi pada saat diadakan penggalian untuk proyek minyak dan atau gas alam, Ratusan rumah dan lahan-lahan pertanian penduduk terendam lumpur yang hada henti-hentinya. Berbagai penelitian untuk mengatasi lumpur tersebut dilakukan. Namun, hingga saat ini persoalan tersebut belum juga teratasi.

Contoh lain adalah penelitian tentang persoalan profesi penduduk di salah satu perkampungan di Kabupaten lndramayu yang tak kunjung tuntas, yakni profesi pembuatan petasan yang turun temurun. Setiap tahun korban demi korban berjatuhan karena profesi tersebut. Contoh peristiwa yang terakhir (2011) diangkat oleh seorang wartawan Pikiran Rakyat dalam rubrik “Laporan Khusus” dalam tulisan yang berjudul “Jika Petasan Menjadi Sumber"

3. Penelitian Terapan yang lain adalah penelitian terapan yang bertujuan membuktikan atau memperkokoh teori yang sudah ada atau sudah tertulis. Penelitian ini tidak bertujuan memecahkan masalah dalam kehidupan kita. Tugas akhir mahasiswa D-3 atau S-1 kadang-kadang merupakan hasil penelitian jenis ini. Tujuan akademik kelembagaan dari penelitian ini adalah memperkuat pemahaman mahasiswa tentang teori tertentu sekaligus dalam aplikasi penggunaannya. Tujuan formal kelembagaan adalah pemenuhan syarat untuk menempuh ujian tingkat tertentu, misalnya D-3 dan S-1. Puncak dari penelitian jenis ini adalah adanya persesuaian atau kesejalanan teori dengan apa yang terjadi di lapangan, atau ditemukannya masalah yang berupa perbedaan teori dengan apiikasinya di masyarakat, untuk kemudian disarankan adanya pemecahan terhadap masalah tersebut.


BAB III
PENUTP

Dapat disimpulkan, bahwa tulisan ilmiah adalah tulisan yang menyajikan pengetahuan tentang kebenaran, dalam arti pengetahuan yang sesuai dengan objeknya (objektif). Hingga saat ini, yang paling mungkin mengutarakan pengetahuan yang benar seperti yang dimaksudkan itu tiada lain adalah kegiatan penelitian. Dengan begitu, dapatlah dirumuskan bahwa tulisan ilmiah adalah tulisan yang disusun berdasarkan kegiatan penelitian.


Sumber            :

Rabu, 24 Oktober 2012

Karya Ilmiah


BAB I
PENDAHULUAN

Karya Ilmiah adalah laporan tertulis yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim yang memaparkan hasl penelitian dengan memenuhi etika dan kaidah keilmuan. Jenis-jenis  karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.



BAB II
PEMBAHASAN

Karya ilmiah (bahasa Inggrisscientific paper) adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Ada berbagai jenis karya ilmiah, antara lain laporan penelitian, makalah seminar atau simposium, dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya.
Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalahlaporan praktikum, dan skripsi (tugas akhir). Skripsi umumnya merupakan laporan penelitian berskala kecil, tetapi dilakukan cukup mendalam. Sementara itu, makalah yang ditugaskan kepada mahasiswa lebih merupakan simpulan dan pemikiran ilmiah mahasiswa berdasarkan penelaahan terhadap karya-karya ilmiah yang ditulis oleh para pakar dalam bidang persoalan yang dipelajari. Penyusunan laporan praktikum ditugaskan kepada mahasiswa sebagai wahana untuk mengembangkan kemampuan menyusun laporan penelitian.

Tujuan Karya Ilmiah
§  Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
§  Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
§  Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
§  Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
§  Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

Manfaat Karya Ilmiah
Manfaat penyusunan karya ilmiah bagi penulis adalah berikut:
§  Melatih untuk mengembangkan keterampilan membaca yang efektif;
§  Melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber;
§  Mengenalkan dengan kegiatan kepustakaan;
§  Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis;
§  Memperoleh kepuasan intelektual;
§  Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;
§  Sebagai bahan acuan/penelitian pendahuluan untuk penelitian selanjutnya


BAB III
PENUTUP
Dari pembahasan yang telah diuraikan diatas, bahwa karya ilmiah merupakan laporan tertulis yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan. Serta memudahkan seseorang untuk membuat laporan penelitian, khususnya untuk mahasiswa/i.


Sumber           :

Penalaran Deduktif


BAB I
PENDAHULUAN

Setiap makhluk ciptaan Allah pasti memiliki cara berfikir atau disebut dengan Penalaran, tetapi beda nya hanya manusia yang diberikan cara berfikir yang lebih oleh Allah. Mereka harus berpikir terlebih dahulu untuk melakukan sesuatu. Harus bisa membedakan mana yang baik untuk dilakukan dan mana yang buruk.
Terlebih lagi dalam pembahasan kali ini, saya akan mengulas tentang “Penalaran Deduktif”. Penalaran adalah cara berfikir. Deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus. Maka Penalaran Deduktif adalah cara berfikir yang terjadi pada peristiwa umum, yang kebenarannya telah diyakini atau diketahui.


BAB II
PEMBAHASAN

PENALARAN DEDUKTIF

Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (pengamatan empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.

Dalam penalaran, proposisi yang dijadikan dasar penyimpulan disebut dengan premis (antesedens) dan hasil kesimpulannya disebut denganconsequence (konklusi).

Metode berpikir deduktif adalah metode berpikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.
Contoh: Masyarakat Indonesia konsumtif (umum) dikarenakan adanya perubahan arti sebuah kesuksesan (khusus) dan kegiatan imitasi (khusus) dari media-media hiburan yang menampilkan gaya hidup konsumtif sebagai prestasi sosial dan penanda status sosial.

Penalaran deduktif adalah suatu penalaran yang berpangkal pada suatu peristiwa umum, yang kebenarannya telah diketahui atau diyakini, dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus. Metode ini diawali dari pebentukan teori, hipotesis, definisi operasional, instrumen dan operasionalisasi.

Faktor – faktor Penalaran Deduktif :
1. Pembentukan Teori
2. Hipotesis
3. Definisi Operasional
4. Instrumen
5. Operasionalisasi


Jenis penalaran deduktif  yaitu:
Ø  Silogisme Kategorial = Silogisme yang terjadi dari tiga proposisi.
Ø  Silogisme Hipotesis = Silogisme yang terdiri atas premis mayor yang berproposisi konditional hipotesis.
Ø  Silogisme Akternatif = Silogisme yang terdiri atas premis mayor berupa proposisi alternatif.
Ø  Entimen = Silogisme ini jarang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam tulisan maupun lisan. Yang dikemukakan hanya premis minor dan simpulan.

·         CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF

Chairil Anwar terkenal sebagai penyair. Ia disebut penyair yang membawa pembaharuan dalam puisi. Ada yang mengatakan dia sebagai seorang individualis. Ada yang menilai bahwa ia seorang yang kurang bermoral dan plagiat karena ada sebagian kecil dalam gubahannya merupakan jiplakan dari puisi asing. Dalam sajak-sajaknya yang dikumpulkan dalam "Deru Campur Debu" memperlihatkan adanya perbedaan bentuk, corak, gaya, dan isi. Tanggapan orang terhadap Chairil berbeda-beda. Namun, bagaimanapun ia tetap seorang penyair besar yang membawa kesegaran baru dalam bidang puisi pada 1945.


BAB III
PENUTUP

Yang dapat disimpulkan dalam pembahasan ini, bahwa Penalaran adalah cara berfikir, sedangkan metode Deduktif merupakan metode berfikir yang menerapkan hal-hal yang umum terlebih dahulu untuk seterusnya dihubungkan dalam bagian-bagiannya yang khusus.
Maka Penalaran deduktif adalah suatu penalaran yang berpangkal pada suatu peristiwa umum, yang kebenarannya telah diketahui atau diyakini, dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat lebih khusus.


SUMBER :




Makna Denotatif


Makna Denotatif

Makna denotatif adalah makna yang sesuai dengan makna sebenarnya atau sesuai dengan makna kamus dan menunjukkan langsung pada acuan atau makna dasarnya.

Contoh:

·         Ardi makan pizza
      Makan artinya memasukkan sesuatu ke dalam mulut

·         merah                    : warna seperti warna darah.

·         ular                        : binatang menjalar, tidak berkaki, kulitnya bersisik.









Sumber            :





Makna Konotatif


Makna Konotatif

Apabila makna Denotatif adalah makna sebenarnya, maka makna Konotatif adalah makna yang bukan sebenarnya atau disebut dengan makna kiasan.

Contoh            :

- Bu Clara sangat sedih karena terjerat hutang lintah darat (lintah darat = rentenir)


Makna konotasi dibagi menjadi 2, yaitu         :
Konotasi positif merupakan kata yang memiliki makna yang dirasakan baik dan lebih sopan.
Konotasi negatif merupakan kata yang bermakna kasar atau tidak sopan.


Contoh:
Makna dasar                                        Makna tambahan
(denotasi)                                              (konotasi)
merah    : warna   …………………… berani; dilarang
ular         : binatang  …………………menakutkan/ berbahaya


Makna dasar beberapa kata misalnya: buruh, pekerjaan, pegawai, dan karyawan, memang sama, yaitu orang yang bekerja, tetapi nilai rasanya berbeda. Kata buruh dan pekerja bernilai rasa rendah/ kasar, sedangkan pegawai dan karyawan bernilai rasa tinggi.

Konotasi dapat dibedakan atas dua macam, yaitu konotasi positif dan konotasi negatif.

Contoh:
Konotasi positif                                    Konotasi negatif
suami istri                                              laki bini
tunanetra                                               buta
pria                                                       laki-laki


Kata-kata yang bermakna denotatif tepat digunakan dalam karya ilmiah, sedangkan kata-kata yang bermakna konotatif wajar digunakan dalam karya sastra.

Sumber :


Karangan Ilmiah


Karangan merupakan karya tulis hasil dari kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikanya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami. Dalam artikel ini akan dibahas tentang 3 jenis karangan, yaitu: karangan ilmiah, karangan non ilmiah, dan karangan semi ilmiah. Berikut ini penjelasannya

A.   Karangan Ilmiah
Karya ilmiah lazim juga disebut karangan ilmiah. Karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan atas hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Menurut Brotowidjoyo menjelaskan karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Karya ilmiah dapat juga berarti tulisan yang didasari oleh hasil pengamatan, peninjauan, penelitian dalam bidang tertentu, disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan yang bersantun bahasa dan isinya dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya/keilmiahannya (Susilo, M. Eko, 1995:11).
Data, simpulan, dan informasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah biasa dijadikan acuan (referensi) ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya. Isi (batang tubuh) sebuah karya ilmiah harus memenuhi syarat metode ilmiah. Menurut John Dewey ada 5 langkah pokok proses ilmiah, yaitu (1) mengenali dan merumuskan masalah, (2) menyusun kerangka berpikir dalam rangka penarikan hipotesis, (3) merumuskan hipotesis atau dugaan hasil sementara, (4) menguji hipotesis, dan (5) menarik kesimpulan.

Karya Ilmiah mempunyai tiga ciri, yaitu :
1.      Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (factual objektif). Artinya sesuai dengan objek yang diteliti.
2.       Bersifat metodis dan sistematis
3.       Menggunakan ragam bahasa ilmiahyang baku dan formal, bahasanya bersifat lugas
agar tidak menimbulkan penafsitan dan makna ganda.

Tujuan karya ilmiah, antara lain:
·         Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
·         Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
·         Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
·         Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
·         Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

B.   Karangan Non Ilmiah
Karya non-ilmiah adalah karangan yang menyajikan fakta pribadi tentang pengetahuan dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari, bersifat subyektif, tidak didukung fakta umum, dan biasanya menggunakan gaya bahasa yang popular atau biasa digunakan (tidak terlalu formal).

Ciri-ciri karya tulis non-ilmiah, yaitu:
·         Ditulis berdasarkan fakta pribadi,
·          Fakta yang disimpulkan subyektif,
·          Gaya bahasa konotatif dan populer,
·          Tidak memuat hipotesis,
·          Penyajian dibarengi dengan sejarah,
·          Bersifat imajinatif,
·          Situasi didramatisir,
·          Bersifat persuasif.
·          Tanpa dukungan bukti

Jenis-jenis yang termasuk karya non-ilmiah, yaitu:
·         Dongeng
·          Cerpen
·          Novel
·          Drama
·          Roman.


C.    Karangan Semi Ilmiah
Karya tulis semi ilmiah merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan yang ditulis dengan bahasa konkret dan formal, kata-katanya teknis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan kebenarannya. Karya tulis ini juga merupakan sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering dimasukkan dalam kary tulis ini. Karya tulis semi ilmiah biasanya digunakan dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen.



·        Contoh Karangan Ilmiah
Sinar matahari pagi memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Sinar matahari sebelum 09:00 dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas pernafasan, membuat tubuh menjadi lebih segar dan sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Tidak hanya itu, juga cukup menguntungkan bagi penderita diabetes.
Vitamin D di bawah sinar matahari dapat membantu meningkatkan kualitas tingkat kadar gula darah. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa, vitamin D yang terdapat didalam tubuh manusia akan memberi reaksi positif saat terkena sinar matahari di pagi hari. Hal ini dapat membantu orang yang menderita diabetes tipe 2 untuk meningkatkan kualitas kadar gula darah mereka. Vitamin D dengan kadar yang cukup sebenarnya bisa membantu sel-sel dalam tubuh yang bertugas untuk memproduksi insulin dapat bekerja dengan baik.
Peneliti kesehatan dari Iran melibatkan 90 orang dengan diabetes tipe 2 selama 12 minggu, 90 orang tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompak yang pertama hanya diberikan vitamin D dan kelompok yang kedua diberi vitamin D dan ditambah kalsium. Para peneliti menemukan bahwa peserta yang diberikan vitamin D dengan atau tanpa kalsium memiliki tingkat gula darah yang secara signifikan lebih baik.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Esther Krug, MD, seorang ahli endokrinologi dari Rumah Sakit Sinai di Baltimore, yang mengatakan bahwa vitamin D memiliki peran aktif dalam mengatur sel beta pankreas yang berfungsi untuk memproduksi insulin, menurut pernyataan di Menshealth. Bahkan, studi lain yang diterbitkan dalam Diabetes Care menunjukkan rendahnya tingkat vitamin D yang dapat membuat orang dewasa berisiko pradiabetes dan prehipertensi.
Selain itu, mengkonsumsi suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium dapat memperlambat perkembangan penyakit diabetes tipe 2. Karena hubungan ini, penanganan kekurangan vitamin D pada orang dengan diabetes tipe 2 dapat dilakukan.

Sumber           :