Senin, 13 Januari 2014

Tugas 1 - Pelanggaran Kode Etik

Etika merupakan sebuah nilai yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah laku di dalam kehidupan sehari-hari, tentunya tidak akan terlepas dari tindakan melanggar etika yang dapat merugikan orang lain.

 Hari Rabu 8-01-2014
Hari rabu merupakan hari yang full hujan seharian. Mungkin dihari itu banyak sekali orang yang terlambat datang ke kantor maupun kampus. Ketika saya ingin menuju kampus J1 Gunadarma, terdapat banyak pelanggaran etika dalam berkendara. Yang paling sering saya temui yaitu baik kendaraan roda 2 maupun roda 4 yang melanggar lampu merah.  Memang keadaan hujan saat itu cukup deras, tetapi tidak seharusnya mereka melanggar. Karena tidak hanya yang bermotor saja yang mempunyai hak, para pengguna jalan yang lainnya juga mempunyai hak. Dan pelanggaran yang saya temui lainnya yaitu seorang pengendara motor yang membawa motor dengan kecepatan tinggi disaat ada genangan air, sehingga semburan air itu dapat merugikan pengendara motor lainnya.

Hari Kamis 9-01-2014
Hari kamis pelanggaran yang saya temui yaitu pelanggaran yang dilakukan pengendara roda 2. Banyak yang melintas berlawan arah. Terutama dekat perlintasan Stasiun Cakung. Karena dengan mereka yang berlawanan arah dapat merugikan banyak orang yang melintas, dan bisa berakibat kecelakaan. Pelanggaran lainnya yaitu gerobak-gerobak yang terparkir sembarangan di depan pintu masuk Kampus J5 Gunadarma. Yang dapat menghambat para mahasiswa menuju kampus.

Hari Jum’at 10-01-2014
Hari jum’at pelanggaran yang saya temui adalah ketika seorang lelaki yang berkewajiban untuk menunaikan ibadah Shalat Jum’at, tetapi terhambat oleh pelanggan yang membeli makanan di warungnya. Awalnya seorang bapak yang berjualan tersebut begitu sabar melayani sang pelanggan. Sang pelanggan meminta ini itu terus, padahal bapak yang berjualan sudah memberitahu dan meminta maaf bahwa dia ingin menunaikan Shalat Jum’at. Tetapi sikap pelanggan yang meminta ini itu, sedikit membuat bapak yang menjual merasa kesal. Seharusnya sikap seperti itu tidak perlu dilakukan, apa lagi sampai menghambat seseorang untuk beribadah.

 Hari Sabtu 11-01-2014
Hari sabtu pelanggaran yang saya temui lagi-lagi yang dilakukan pengendara bermotor. Mengacu kecepatan yang cukup tinggi di dalam komplek perumahan. Walaupun kondisi komplek sedang sepi, tidak seharusnya sang pengendara mengemudikan seperti itu. Dan pelanggaran yang saya temui lainnya yaitu di jalan raya, saat 3 jalur menjadi 1 jalur di fly over Bekasi Timur. Pengendara roda 4 saling menyalip, sehingga menimbulkan kemacetan dan rasa kesal. Akibat tidak ada yang mengalah satu sama lain.


Seperti itu pelanggaran yang saya temui selama beberapa hari ini. Semoga ini menjadi pelajaran dan tidak patut untuk di contoh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar